MUHASABAH, ini loh Sholat ku

Yang pertama-tama dipertanyakan (diperhitungkan) terhadap seorang hamba pada hari kiamat dari amal perbuatannya adalah tentang shalatnya. Apabila shalatnya baik maka dia beruntung dan sukses dan apabila shalatnya buruk maka dia kecewa dan merugi. (HR. An-Nasaa'i dan Tirmidzi)

Sholat merupakan suatu bagian yang sangat penting bagi umat Islam sebagai aplikasi dari keimananya, tidak dapat dikatakan beriman dengan baik seorang muslim bila tidak melakukan sholat. Maka sudah selayaknya lah kita sebagai seorang muslim untuk bermuhasabah terhadap kualitas sholat yang kita lakukan.




Apakah sholat yang kita lakukan dalam beberapa waktu dilakukan dengan khusyu atau tidak. Huzaifah ra, mengatakan perkara yang utama yang hilang dalam ummat adalah khusyuan dan yang terakhir adalah sholat. Boleh jadi anda bertemu dengan jama’ah sholat namun tidak ada diantara mereka yang khusyu .

Sahabat ditegur dalan surat Al Hadiid ayat 16,
“Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik” [al hadiid 16]

Ibnu qoyyim Al jauzi membagi manusia dalam sholat menjadi 5:
1.orang yang lalai dalam mengerjakan sholat [di azab oleh Allah]
2.Orang yang mengerjakan sholat namun iya lalai dalam memujahadah melawan bisikan dan pikiran2 yang menggangu jiwanya [tidak khusyu] [akan di hisab]
3.Orang yang Sholat dan Berjihad, yaitu sanggum mengusir bisikan setan dalam sholat.[akan Dihapus Dosanya]
4.Orang yang hatinya tengelam dalam sholat dan ibadah kepada Rabbnya
5.Orang yang mendirikan sholat dengan menghadirkan hatinya di hadapan Allah SAW.

Agar Sholat kita berkualitas maka kita harus
1.Quwwah al murthadhoo: Memahami apa yang di baca
2.Dharbul Masyakil : Berusaha sekuat mungkin menghalangi hal2 yang merintangi sholat yang khusyu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MUHASABAH, ini loh Sholat ku"

Post a Comment

Sahabat... semua ide punya cacat, tapi dengan pendapat dari mu, ide itu akan semakin sempurna :
Ayo sempurnakan ide agar dia jadi kenyataan,Demi PERUBAHAN!!!!